MASIGNCLEAN101

Pengertian dan Fungsi Root Pada HP Android

Pengertian dan Fungsi Root Pada HP Android
       Root atau dalam bahasa inggris berarti akar merupakan user tertinggi pada sistem android. Jadi jika handphone anda sudah memiliki akses root atau super user maka dapat digunakan untuk apa saja. Berbeda dengan hp yang belum di root, hp yang sudah diroot akan lebih leluasa untuk memodifikasi android (mengoprek).

       Para oprekers(orang yang suka memodifikasi) android pasti sudah tahu betul pengertian dan fungsi root HP android. Setelah di root maka kita dapat mengganti ROM, mengistall aplikasi non market mengubah tampilan UI, unistall aplikasi default dan sebagainya. Namun bagi pengguna awam tidak disarankan untuk rooting hp, karena jika hp sudah di root maka akan lebih banyak celah, hp akan lebih mudah terkena virus bahkan bisa sampai gagal booting(bootloop).

Fungsi Root HP Android

1. Install Custom ROM

       Manfaat dari root yaitu dapat menginstall custom ROM. Mungkin beberapa dari anda merasa bosan dengan ROM bawan dari pabrik. Nah dengan akses root ini anda dapat mengganti ROM sesuai keinginan, semisal hp anda smartfren namun anda bosan dengan tampilan bawaan maka anda bisa mengistall ROM lain seperti ROM Xiaomi, Advan, Samsung, dll.

2. Mempercepat Kinerja

       Dengan akses root anda dapat mengoptimalkan kerja dari harware anda. Dengan kata lain anda dapat mengatur overclock dan underclock dari android anda. Untuk overclok yang tinggi dapat membuat kinerja lebih cepat namun akan lebih boros dalam penggunaan baterai. Sedangkan underclock akan membuat baterai anda lebih awet.

3. Bebas Install dan Unistall Program

       Seperti pada pengertian root diatas, fungsi dari root yaitu dapat menginstall aplikasi non market atau aplikasi yang dilarang oleh pabrik. Jadi anda akan lebih leluasa karena tidak ada lagi yang mengatur. Selain itu anda juga bisa unistall aplikasi bawaan dari pabrik yang dianggap kurang penting, dengan aplikasi minimal maka akan mempercepat kinerja sistem.

4. Install Custom Kernel

       Kernel program yang berjalan selama handphone anda menyala.  Kernel bertanggung jawab dalam menghubungkna aplikasi dengan hardware. Semakin bagus kernel maka semakin bagus pula kinerja android. Dengan akses root anda dapat mengistall custom kernel ataupun upgrade kernel yang sudah diinstall.

5. Mudah Backup Data

       Hp yang sudah di root bisa untuk membackup aplikasi, tidak seperti hp default yang hanya bisa backup file. Backup ini digunakan untuk mengantisipasi kemungkinan hp eror. Jika hp anda eror anda hanya perlu mengambil data yang sudah di backup jadi tidak perlu repot repot untuk install ulang aplikasi.
       Meskipu rooting android memiliki bayak fungsi (manfaat) namun anda harus berfikir lagi jika ingin root android. Karena ada dampaknya juga, salah satunya yaitu akan kehilangan garansi. Apabila ada yang kurang jelas silakan ditanyakan di kolom komentar.

Share This :
Liza Rifan Muadzin

Seorang Siswa di SMK N 1 Purbalingga Yang Suka Dengan Dunia Internet & Android

avatar

Ternyata itu toh pengertian dari root, baru tau saya

October 7, 2017 at 12:05 AM
avatar

iya gan, thanks kunjungannya

October 7, 2017 at 6:11 AM
avatar

artikelnya bagus gan asaya jadi tahu dan fungsi root sangat bnayak sekali

October 7, 2017 at 10:10 AM
Silakan komentar aja kalo ada yang kurang jelas, yang mau ngasih saran juga nggapapa.