MASIGNCLEAN101

Cara UBL Unlock Bootloader Sony Xperia M4 Aqua Work 100%

Cara UBL Unlock Bootloader Sony Xperia M4 Aqua Work 100%

Cara UBL Unlock Bootloader Sony Xperia M4 Aqua Work 100% - Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial cara UBL atau unlock bootloader pada hp sony xperia m4 aqua tanpa ribet. Kenapa harus UBL? Kare ini merupakan syarat jika ingin root sony xperia m4 aqua.

Apa itu Bootloader?

UBL atau Unlock Bootloader merupakan suatu program yang tertanam di sistem operasi dan fungsinya yaitu untuk melakukan boot atau lebih serderhananya melakukan pemanggilan sistem operasi yang ada di memory. Dalam keadaan default biasanya bootlaoder ini dikunci oleh perusahaan pembuat handphone.

Dengan dikuncinya bootloader kita tidak bisa me-root android dan itu berarti kita tidak bisa merubah custom rom atau pun yang lainnya, maka dari itu sebelum anda root maka harus di unlock bootloadernya terlebih dahulu.

Namun perlu diperhatikan juga, jika bootloader telah diulock maka garansi smartphone akan hilang, dan apabila terjadi kerusakan pada saat unlock itu bukan menjadi tanggung jawab saya. Silakan simak tutorialnya berikut ini.

Persiapan Bahan
1. Flashtool Sony Xperia
2. ADB Fast Boot
3. Sony USB Driver (Pilih sendiri)
4. Unlock Code For Sony Smartphone (Pilih M4 kemudia pilih ikuti instrksi)
dan dapatkan key, untuk serial number bisa dilihat di settings->about phone-> status

Back up
Walaupun tidak melakukan wipe namun di rekomendasikan untuk back up agar nantinya jika terjadi kegagalan data akan tetap aman.

Cara Unlock Bootloader (UBL) Sony Xperia M4 Aqua

  1. Install Sony usb driver yang tadi sudah dipersiapkan 
  2. Aktifkan USB debugging pada hp dengan cara masuk ke pengaturan, developer options, enable usb debugging
  3. Install Flashtool dan masuk kedirektori installasi, Contoh : C:/program files/flashtool
  4. Buka folder custom kemudian pilih mydevices
  5. Buka Flash tool kemudian ketik BLU, Kemudian klik kanan, new folder, dan ganti nama folder dengan code device anda, kode bisa dilihat saat mencolokan usb hp dan ketika pilih blu cari yang seperti dibawah ini.
  6. 09/045/2015 23:45:08 - INFO - Current device : C2104 - AB100C2DE3 - 1272-4136_R5B - 1269-5420_15.3.A.1.17 - WORLD-a_15.3.A.1.17
  7. Code Device yaitu  AB100C2DE3, maka buat folder dengan nama itu.
  8. Masuk ke folder tersebut dan buatlan file txt dengan nama ulcode dan pastikan key yang sudah didapatkan pada saat persiapan
  9. Buka flashtool dan pilih BLU lagi
  10. Done
Nah jadi begitulah cara unlock bootloader sony xperia m4a aqua, untuk anda yang ingin mahir oprek janganlah takun mencoba dan jangan putus asa ketika gagal. Jika ada pertanyaan silakan tanyakan saja pada kolom komentar.

Share This :
Liza Rifan M
Silakan komentar aja kalo ada yang kurang jelas, yang mau ngasih saran juga nggapapa.