MASIGNCLEAN101

Pengertian GAPPS Pada Android


Pengertian GAPPS Pada Android

       Pengertian GAPPS Pada Android - Bagi anda yang sering bergonta-ganti custom rom pasti tidak asing lagi dengan kata gapps. Namun masih ada diantara kalian yang belum tau apa itu gapps, maka dari itu disini saya akan menjelaskan apa itu gapps.

Baca Juga : Pengertian Dan Fungsi Root Pada Android
       Gapps merupakan singkatan dari Google Apps yang merupakan paket layanan dari google untuk android, maksud dari layanan itu misalnya Google Play Store, Gmail, Google Now, Google Maps dan apps lainnya yang merupakan produk google.

Baca Juga : Perbedaan Andromax A Dewa Dan Dewi
       Gapps bersifat pra-install yang berarti aplikasi yang sudah ada di sebagian perangkat android sejak pertama kali dibeli. Namun aplikasi ini tidak dapat disertakan secara pra-install pada perangkan Custom Recovery Cyanogenmod atau TWRP, maka harus diinstall secara terpisah. Nah itulah kenapa ketika anda mengganti room harus menginstall gapps, karena aplikasi-aplikasi seperti google play store, gmail, google maps, dll tidak ikut terinstall secara otomatis.

       Menginstall gapps secara terpisah juga memiliki beberapa kelebihan, salah satunya yaitu anda bisa menginstall packet minimal dari gapps yaitu yang terdiri dari google play store saja. Jika ingin menginstall semua packet atau packet lengkap juga telah disediakan oleh site Open Gapps Project, jadi semua itu tergantung dari selera anda masing-masing.

Baca Juga : Cara Mengetahui Apakah HP Sudah Di Root Atau Belum
       Untuk penginstallan gapps sama halnya dengan install custom rom, yaitu harus masuk dulu ke mode recovery, bisa menggunakan CWM ataupun TWRP. Namun sebelumnya anda harus melakukan wipe dalvik terlebih dahulu, setelah itu tinggal install dan reboot. 

Baca Juga : Cara Mengatasi Serangan Netcut Dan Wifikill Dengan ARP Guard
       Namun anda juga harus memilih gapps yang cocok dengan spesifikasi android anda, jangan sampai asal install. Misalnya android anda menggunakan 64 bit maka pilih yang ARM64, jika android anda menggunakan yang 32 bit maka pilih yang ARM,  kemudian untuk x86 digunakan untuk perangkat yang menggunakan intel seperti zenfone.

Share This :
Liza Rifan M
Silakan komentar aja kalo ada yang kurang jelas, yang mau ngasih saran juga nggapapa.